Header Ads

ad728
  • Breaking News

    Racun Rumput (Herbisida) Buatan Sendiri

    Dari pengalaman saya, membuat racun rumput buatan sendiri, Andapun bisa membuatnya jika dana Anda sangat terbatas untuk mengatasi gulma dilahan pertanian dan perkebunan. Berikut cara membuat racun rumput buatan sendiri;

    Bahan-bahan
    1. Air 10 liter
    2. Garam 2 pak
    3. Urea 3 KG
    4. Harbisida buatan pabrik 2 liter (1 liter herbisida kontak dan 1 liter herbisida sistemik) seperti Round Up dan Gramoxon, Tergantung rumput atau gulma (kalau gulama berdaun sempit seperti ilalang, gunakan dua liter herbisida sistemik tanpa herbisida kontak)

    herbisida pabrik


    Cara Membuat Herbisida ;


    Masukkan air 10 ltr ke wadah alumunium untuk dimasak kemudian masukkan urea dan garam diaduk sampai urea dan garam mencair kemudian masukkan 2 liter herbisida pabrik tadi setelah mendidih, diamkan sampai dingin setelah itu masukkan ke jiregen dan siap untuk dibawa ke lahan perkebunan dan pertanian. Herbisida buatan ini harus ditutup rapat, meskipun tidak dipakai, agar bisa digunakan lain waktu.

    Cara Menyemprot Herbisida


    Untuk cara penyemprotannya gunakan semprot spriyer "SOLO" dengan dosis 100cc untuk ukuran per tangki spriyer. Usahakan dalam menyemprot lahan yang bergulma, harus basah kena semprot agar cepat herbisisda membasmi gulma. Jangan menyemprot diwaktu gerimis atau hujan, ini tidak akan berfungsi seperti yang diharapakan. Sangat mudah kan??

    Keuntungan Membuat Herbisida Sendiri

    Ini akan menghemat biaya Anda. Anda bisa kalkulasikan harga 5 liter herbisida atau racun rumput di toko kisaran harga Rp. 250.000. Dan jika Anda menerapkan cara diatas dengan   12 liter racun rumput sekitar 600.000 Rupiah dengan modal tidak lebih dari 150.000 Rupiah. Asumsinya Anda hemat 450.000 Rupiah. Cara ini sangat membantu saya dimana saat hasil panen belum bisa diharapkan karena belum menghasilkan secara normal ini menjadi solusi mengatasi gulma dengan racun rumput buatan sendiri. Selain menguntungkan secara Rupiah, kita juga menjaga kelangsungan tanah agar tidak tercemar, tanpa harus menggunakan 100 Persen kimia glifosat, dimana kalau kita terlalu sering menggunakan senyawa kimia Glifosat (Bahan Dasar Herbisida) dapat merusak tanah. Dan cara membuat herbisida sendiri ini ramah lingkungan.

    Bukti Dari Hasil Semprot Herbisida Buatan Sendiri

    Ini bukti dari hasil semprot herbisida yang dibuat sendiri, hasilnya tidak kalah dengan herbisida pabrik. Anda bisa lihat gambar dibawah yang saya foto beberapa bulan lalu.

    Mudah mudahan cara membuat racun rumput buatan sendiri tanpa ribet bermanfaat untuk Anda. Silakan share ke teman petani lainnya sehingga mereka bisa menghemat biaya. Cara ini sudah saya buktikan hanya dengan waktu 12 jam rumput sudah menguning dan kering. Lihat gambar kebun saya

    lahan sebelum penyemprotan herbisida alami
    Sebelum disemprot herbisida buatan sendiri
    Ini hasil sesudah disemprot dengan racun rumput buatan sendiri;

    hasil penyemprotan herbisida alami
    Hasil semprot herbisida buatan sendiri

    Ini hanya berbagi pengalaman saja, saya bukan ahli kimia dan pandai bidang lab, namun inilah hasil uji coba racun rumput dengan membuat atau memperbanyak sendiri ternyata berhasil. Silakan berbagi dengan teman-teman perkebunan dan pertanian jika herbisisda ini bermanfaat. 

    Baca juga ebook perkebunan

    No comments

    Post Top Ad

    ad728

    Post Bottom Ad

    ad728